Pages

Pengertian jaringan

Pengertian jaringan
 Jaringankomputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-    komputer  yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (pesan instan), dan dapat mengakses informasi.

    Jenis Jaringan Komputer Secara Umum
 

    Jaringan LAN
    LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit           komputer (client) dan 1 unit komputer untuk bank data (server). Antara masing-masing client     maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer     yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.
    Berdasarkan kabel yang digunakan ,ada dua cara membuat jaringan LAN, yaitu dengan kabel     BNC dan kabel UTP.
    Jaringan WAN
    WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang     dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke     kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini,     pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif     murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk     menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand     Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.

    Jaringan MAN
    
MAN(Metropolitan Area Network)
    Jaringan ini jangkauanya dapat melayani wilayah propinsi atau berapa propinsi.Jaringan ini          biasa digunakan oleh perusahaan atau bank yang memiliki banyak cabang.

    Internet
   
Merupakan sekumpulan jaringan computer yang menghubungkan situs akademik,        pemerintahan, organisasi atau perorangan.Internet menyediakan akses untuk layanan     telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakaiannya yang terbesar di     seluruh dunia.

    Intranet
   
Jenis jarinagan yang merupakan gabungan dari LAN/WAN dengan internet, dengan     memberikan layanan internet kepada terminal clientnya. Perbedaan mencolok internet dengan     internet melayani satu organisasi.

    a.Workgroup
                       
                        Jaringan ini terdiri dari beberapa unit komputer yang dihubungkan dengan        menggunakan Network Interface Card atau yang biasa disebut dengan Local Area Network        Card, serta dengan menggunakan kabel BNC maupun UTP. Semua unit komputer yang              terhubung dapat  mengakses data dari unit komputer lainnya dan juga dapat melakukan print        document pada  printer yang terhubung dengan unit komputer lainnya.

    b.Server – Clien
          Jenis jaringan ini terjalin antara komputer secara personal/individu yang disebut        dengan  Client dengan suatu pusat/sentral komputer yang disebut Server. Server berfungsi        sebagai  pusat untuk melayani kebutuhan Client. Beberapa client yang memanfaatkan        fasilitas dari suatu server disebut dengan Workgroup, dengan client yang menjadi anggota        dari suatu workgroup tersebut dan disebut dengan Workstation. Untuk menjalankan        jaringan ini diperlukan sistem operasi pendukung, antara lain Novell Netware, Banyan        Vines, OS/2 LAN Server, Windows NT Server dan sebagainya.

0 comments:

Post a Comment