Pages

Cara Menginstall SDK Android di Eclipse Helios

Selamat malam teman – teman.Pada malam yang cerah ini dan dimalam minggu yang bahagia ini….hehhehe,masih single jadi gak ada yang diajak jalan – jalan :( dan akhirnya malam mingguan dengan PC :) .Daripada bosan lebih baik mencari sesuatu yang menarik untuk diposting di blog ini.Nah,akhirnya saya teringat sesuatu yang sangat menarik untuk dicoba.Apa itu ? .Menginstall SDK Android di Eclipse.Jadi dengan SDK ini kita dapat membuat aplikasi di Android.Waw,keren bukan.Tapi sebelum kita membuat aplikasi di Android paling tidak menguasai Java dasar dan memahami konsep OOP.Sistem Operasi Android memang akhir – akhir ini sedang populer.Digunakan mulai dari smartphone sampai PC Tablet.Aplikasi Android rata -rata dibuat dengan bahasa pemrograman Java.Selain itu,Sistem Operasi Android juga menggunakan kernel Linux.Ternyata selain populer di Server dan Desktop,sekarang Linux mulai merambah pasar Smartphone dan PC Tablet.Walaupun sebelumnya Linux juga pernah merambah dunia Smartphone akan tetapi kurang populer.Nah daripada terlalu banyak ceritanya lebih baik langsung kita praktekkan.
Peralatan yang dibutuhkan :
1. Eclipse JEE Helios
2. Android SDK, dapat didownload di : http://developer.android.com/sdk/index.html
3. Cemilan dan minuman agar tidak mengantuk :)
Setelah semua peralatan disiapkan langkah selanjutnya adalah :
1. Buka Eclipse JEE kemudian klik Help–>Install New Software,maka akan tampil menu seperti di bawah ini
2. Kemudian Di dalam menu klik Add,dan untuk Nama disini sebagai contoh saya isiADT, kemudian untuk Location isikan alamat berikut : https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/,dan klik OK

Tunggu beberapa saat,kemudian beri checklist pada Developer Tools dan klik Next –>next.
3.Langkah selanjutnya,klik I accept the terms of the license agreement kemudian finish.Nah Eclipse secara otomatis akan menginstall plugin ADT tadi.
Jika mucul menu popup setelah selesai install,pilih Restart Now.
4. Setelah restart maka kita akan diberikan beberapa pilihan,karena saya sudah download SDK Androidnya berarti tinggal memasukkannya ke dalam Eclipse.Caranya buka Window–>Preference–>Android.Di bagian SDK Location,cari lokasi file SDK yang kita download dan jangan lupa untuk mengextractnya terlebih dahulu.Lalu klik OK
5. Kita akan dibawa ke menu dengan banyak pilihan sistem operasi Android mulai dari versi 1 sampai versi terbaru yaitu 4.Nah karena saya ingin mencoba Android Froyo,maka checklist pada pilihan Android 2.2.Anda dapat memilih versi lain,tergantung kebutuhan anda.
Langkah selanjutnya,klik install packages.Dan Eclipse akan mendownload paket yang dipilih.
Selesai.

0 comments:

Post a Comment