Pages

Cara Pasang Search Engine

Cara Pasang Search Engine

Mesin pencari web atau yang lebih dikenal dengan istilah web search engine merupakan program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya.

Cara Kerja Search Engine sendiri adalah menyimpan hampir semua informasi halaman web, yang diambil langsung dari www. Halaman-halaman ini diambil secara otomatis. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. 
Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya. Untuk membuat sebuah Search Engine pada sebuah blog, sebenarnya sangatlah mudah.

Langkah-langkahnya :
1. Login ke blogger
2. Pilih rancangan / tata letak
3. Tambah Widget baru
4. Pilih edit HTML/Javascript ( kopikan kode dibawah ini )

<form id="searchform" action="http://AlamatBlogAnda.blogspot.com/search" name="searchform" method="get">
<input id="s" value="" name="q" type="text"> <input id="searchsubmit" value="Search" type="submit"> </form>  


Yang perlu diperhatikan adalah tulisan yang dicetak merah yaitu http://AlamatBlogAnda.blogspot.com/search, tulisan AlamatBlogAnda harus diganti dengan alamat blog anda yang ingin di pasangi seacrh engine, misalkan apabila di pasang untuk blog ini maka tulisan tersebut di ganti dengan http://manifestandroid.blogspot.com. Selain itu, ada juga yang bisa diubah yaitu di bagian kode value="Search". Tulisan Search ini adalah tulisan yang akan muncul pada tombol search engine, apabila ingin mengubahnya, silahkan ubah dengan keinginan, contoh : tulisan tersebut ingin di ubah menjadi Cari atau Go.  

Semoga bermanfaat.............

0 comments:

Post a Comment