kalo menurut wikipedia kayak gini nih :
XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.
Pola XML itu seperti HTML, jadi kita membutuhkan tag pembuka dan tag penutup
<iniadalahtag></iniadalahtag>tapi kalo kita tidak memiliki tag penutup, cukup seperti ini :
<iniadalahtag/>Oke, langsung kita mulai cara-caranya :
- Buat sebuah file baru ActionScript 2.0 minimal menggunakan Macromedia Flash 8.
- Kemudian buat sebuah file baru, beri nama yaitu data.xml, kemudian isikan dengan teks berikut :
<konfigurasi> <gambar name="Gedung">gedung.png</gambar> <gambar name="Pasar">pasar.png</gambar> <gambar name="Pantai">pantai.png</gambar> </konfigurasi>
- Kemudian kembali pada dokumen flash, dan tekan F9 pada frame 1 layer 1 agar muncul panel Actions
- Kemudian ketikkan script berikut :
//deklarasi variabel xml var xml:XML = new XML(); //maksudnya kita tidak mempedulikan adanya spasi antara tag-tag xml xml.ignoreWhite=true; //mengeksekusi load xml.load("data.xml"); //memberikan event load xml.onLoad = function(sukses:Boolean) { if (sukses == true) { //jika berhasil di-load trace("xml berhasil diload."); var nodeUtama:XMLNode = xml.firstChild; //Node Konfigurasi var arrayNode:Array = xml.firstChild.childNodes; //Array for (var i:Number = 0; i < arrayNode.length; i++) { var node:XMLNode = arrayNode[i]; var name = node.attributes.name; //Atribut name pada node gambar var nilai = node.firstChild.nodeValue; //isi dari node gambar trace(name+"="+nilai); //membuat movieclip baru var mc = _root.createEmptyMovieClip(name,i); //mengatur letak movieclip mc._x = i*100+25; mc._y = i*60+20; //mengambil gambar, dan memasukkannya ke dalam movieclip yang baru tadi loadMovie(nilai,mc); } } else { //jika xml tidak berhasil diload trace("xml tidak berhasil diload."); } };
- Sekarang kita save file flash kita ke dalam sebuah folder (foldernya bisa di mana saja).
- Tambahkan 3 buah gambar sesuai dengan isi dari data di dalam xml, yaitu :
- gedung.png
- pasar.png
- pantai.png
- Kemudian jika sudah selesai, kembali ke flash dan lakukan Test Movie ( Ctrl + Enter ), maka hasilnya seperti berikut :
XML digunakan sebagai sebuah sarana untuk menyimpan data konfigurasi, jika sewaktu-waktu kita ingin mengganti gambarnya, kita tidak perlu untuk meng-kompilasi ulang file .fla menjadi .swf, sehingga cukup mengedit file xml-nya saja
Mudah-mudahan mengerti
0 comments:
Post a Comment