Apabila Anda ingin menyesuaikan objek 3 Dimensi Anda dengan gambar
background sehingga akan mendapatkan hasil yang sinkron dari perpaduan
keduanya, Anda harus memasukkan gambar background tersebut kedalam
Viewport 3ds Max
Anda. Fitur yang akan Anda gunakan adalah fitur Viewport Background.
Fitur ini juga dapat digunakan bila Anda ingin melakukan Rotoscoping
atau ”menjiplak” sebuah bentuk gambar. Misalnya Anda masukkan sebuah
gambar desain logo sebagai background pada Viewport untuk dijiplak
nantinya menjadi bentuk 3 Dimensi.
Berikut panduannya:
1. Buka file 3DS Max. Aktifkan Viewport Perspective
Gambar 01. Sebuah File 3DS Max
2. Klik menu Views > Viewport Background.
3. Pada jendela Viewport Background, Anda klik tombol Files
dan cari dimana file gambar yang ingin Anda jadikan sebagai background.
Atur setingan parameter yang lain seperti pada gambar dibawah
Gambar 02. Jendela Viewport Background
3.
Sekarang gambar telah tampil pada background Viewport Perspective Anda.
Gambar 03. Hasil Akhir
Tutorial ini diarsipkan di ilmugrafis pada kategori 3DS Max. Selamat mencoba Membuat dan Menambahkan Background pada Viewport
0 comments:
Post a Comment